E-MAIL dan MEMBUAT E-MAIL


E-MAIL
            E-mail adalah sebuah layanan jasa yang disediakan oleh website atau provider tertentu. E-mail merupakan jasa layanan yang memberikan jasa untuk mengirim data kepada orang lain dengan memberikan privasi terhadap penggunanya. Dengan E-mail para penggunanya dapat saling berbagi data dan tulisan sesama pengguna E-mail. E-mail mempunyai kelebihan dimana data atau tulisan yang dikirim akan langsung dapat diterima oleh penerimanya saat itu juga. Website yang menyediakan layanan jasa jenis ini sangat banyak salah satu diantaranya adalah yahoo.

1.    Membuka Website yahoo    
Buka program aplikasi Mozila firefox atau Internet Explorer, masukan alamat website www.yahoo.co.idke addres lalu tekan Enter.
Gambar 1.1. Halaman website www.yahoo.co.id
Setelah halaman website www.yahoo.co.idtampil klik tulisan Pengguna baru? Daftar yang terletak dibagian atas. Setelah itu maka akan tampil halaman registarsi, isi semua Text box pada halaman registrasi
Gambar 1.2. Halaman Registrasi
Ketika mengisi halaman registrasi yang perlu diperhatikan adalah ID Yahoo dan Kata Sandi karena ID yahoo dan kata sandi sangat sensitif sehingga jika terjadi kesalahan sedikit saja maka proses registrasi akan gagal, untuk membantu pengguna dalam registrasi yahoo telah menyediakan fitur bantuan, untuk ID yahoo telah disediakan tombol periksa yang berfungsi untuk memeriksa ID yang diberikan kepada yahoo bisa dipakai atau tidak, jika ID yang diberikan tidak bisa dipakai maka yahoo akan memberikan pemberitahuan “ID tidak tersedia” tetapi jika ID yangdiberikan bisa dipakai maka yahoo akan memberikan pemberitahuan “ganti” yang berarti bahwa ID bisa digunakan oleh pendaftar.
Gambar 1.3. ID yahoo tidak tersedia
Gambar 1.4. ID yahoo tersedia
Setelah semua Text box terisi masukan kode verifkasi yang disedikan oleh yahoo pada bagian bawah kedalam  Text box ketik “kode yang ditampilkan” dan jika kode yang ditampilkan tidak terbaca gantilah kode verifikasi dengan kode yang lainnya dengan mengklik “coba kode baru” maka kode verifikasi akan diganti dengan kode yang baru.
Gambar 1.5. Memasukan kode verifikasi
Setelah kode verifikasi dimasukan klik “Buat Account saya” maka yahoo akan memproses data yang diberikan kepada yahoo, dan jika ternyata data yang diberikan belum sesuai dengan yahoo maka yahoo akan memberikan pemberitahuan dibagian mana data yang perlu diperbaiki. Keterangan yang diberikan oleh yahoo merupakan solusi untuk memperbaiki data yang masih belum sesuai.  Cobalah perbaiki kesalahan yang ada dengan memperhatikan keterangan kesalahan  yang diberikan oleh yahoo, jika data sudah diperbaiki klik kembali “buat account saya” dan jika pesan kesalahan muncul kembali perbaiki kembali sesuai dengan keterangan yang diberikan yahoo
Gambar 1.6. Kesalahan data
Setelah data yang salah diperbaiki klik “buat account saya” dan jika data sudah benar semua maka yahoo akan menampilkan halaman yang berisi memberikan selamat kepada anda dan menampilkan beberapa data penting yang dimasukan kedalam halaman registrasi.
Gambar 1.7. Sukses registrasi
2.    Membuka E-mail
Setelah proses registrasi sukses klik tombol “Lanjutkan”, maka akan tampil halaman awal yahoo, tetapi pada halaman awal yang sekarang nama anda tertulis dibagian atas, hal ini menunjukan bahwa anda dalam status login ke yahoo yang berarti anda bisa menggunakan seluruh jasa layanan dari yahoo.
Gambar 2.1. Status Login
Klik signout untuk keluar dari yahoo, hal ini perlu dilakukan jika anda sudah tidak menggunakan layanan yahoo, hal ini untuk mencegah penyalahgunaan E-mail anda oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
       Setelah anda signout dan anda ingin masuk kembali ke E-mail Yahoo anda, maka masuk kembali ke website www.yahoo.co.id, jika halaman yahoo sudah tampil klik sign in untuk masuk ke E-mail anda, masukan ID yahoo dan kata sandi ke Text box yahoo login, jangan sampai anda salah memasukan ID yahoo atau kata sandi hal ini akan berakibat fatal dimana E-mail anda tidak akan bisa dibuka. Jika anda salah dalam memasukan ID yahoo atau kata sandi maka yahoo akan memberikan informasi bahwa ID yahoo atau kata sandi ayang dimasukan salah, dan anda akan diminta kembali untuk memasukan ID yahoo dan kata sandi yang benar, dan jika ID yahoo atau kata sandi masih salah maka yahoo akan kembali memberikan pesan bahwa ID yahoo atau kata sandi yang dimasukan salah, hal ini akan terus berulang sampai ID yahoo atau kata sandi benar atau sampai anda lelah memasukan ID yahoo dan kata sandi jika salah terus.
Gambar 2.2. Sign In
Gambar 2.3. Form Sign In
Gambar 2.4. ID Yahoo atau kata sandi salah
Setelah berhasil login ke yahoo klik Mail untuk masuk ke halaman E-mail, maka anda akan masuk ke halaman mail anda yang berada di yahoo
Gambar 2.5. Halaman Yahoo setelah login
Gambar 2.6. Halaman Mail
Setelah masuk kehalaman Mail maka anda sudah bisa menggunakan semua fitur yang ada seperti fasilitas chat, sms, dam mail. Klik E-mail masuk untuk memeriksa surat atau mail yang masuk. Sedangkan fungsi yang lain adalah
1.      Draft : Menyimpan mail yang belum sempat terkirim
2.      Email Keluar : Menyimpan semua mail yang anda kirim
3.      Spam : Menyimpan mail yang dikategorikan Spam
4.      Sampah : Menyimpan mail yang dihapus
Gambar 2.7. E-mail masuk
3.    Mengirim E-mail
Untuk mengirim E-mail ke orang lain, klik tulis maka akan muncul halaman untuk mengirimkan E-mail. Masukan alamat E-mail yang dituju text box kepada dan tuliskan judul pada text box judul, jika anda ingin men CC kan E-mail anda ke orang lain masukan alamat ke text box CC.
Gambar 3.1. Kirim E-mail
Jika ada file yang akan dikirim bersama surat maka klik Lampirkan kemudian klik browse untuk mencari file yang akan dilampirkan.
Gambar 3.2. Browse lampirkan file
Setelah file yang dilampirkan masuk klik Lampirkan file dan yahoo akan memberikan indikator bahwa proses upload atau melampirkan file sedang berlangsung tunggu sampai proses upload selesai.
Gambar 3.3. Proses melampirkan file
Setelah proses upload selesai maka anda akan kembali ke halaman kirim E-mail, pada halaman kirim E-mail sekarang sudah terlihat bahwa ada keterangan file yang dilampirkan dan berapa besar kapasitas file yang dilampirkan yang akan dikirim
Gambar 3.4. File terlampir
Klik kirim untuk mengirimkan Mail, maka yahoo akan menampilkan kode verifikasi, masukan kode verifikasi ke text box
Gambar 3.5. Kode verifikasi
Kemudian klik lanjut untuk melanjutkan proses pengiriman mail, jika proses pengiriman mail sukses maka akan muncul halaman yang menyatakan bahwa mail berhasil dikirm.
Gambar 3.6. Pengiriman mail berhasil
Baca Juga  Koleksi Kode Warna HTML

About the author: Aan Channel

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *