Integral Aljabar Metode Substitusi

Integral dengan teknik / metode / metode aljabar dan trigonometri adalah salah satu metode dasar yang digunakan untuk menentukan hasil integral dari suatu fungsi. Metode ini digunakan ketika proses pengintegrasian tidak dapat diselesaikan dengan teorema dasar integral. Bahkan jika Anda bisa, prosesnya akan lama dan butuh waktu yang tidak singkat.

Metode substitusi adalah metode penyelesaian integral dengan mengubah bentuk fungsi menjadi lebih sederhana dalam bentuk variabel yang saling berhubungan tertentu dan ditandai dengan perhitungan. Metode substitusi digunakan karena tidak semua fungsi dapat diintegrasikan dengan rumus dasar atau metode anti-derivatif sesuai dengan keteguhan. Meskipun tidak semua pertanyaan dapat diselesaikan dengan metode substitusi, tetapi teknik ini sangat membantu menyelesaikan pertanyaan trigonometri yang cukup rumit.

Metode ini melibatkan pemisalah dan penggantian (substitusi) bentuk aljabar (umumnya dalam bentuk polinomial) dan juga trigonometri. Penggunaan metode ini akan melibatkan konsep turunan.

Berikut proses mengintegralkan suatu fungsi dengan metode substitusi :

  • Misalkan salah satu fungsi sebagai u.
  • Turunkan fungsi u terhadap x 
  • Bentuk hubungan keduanya (a dx = n du)
  • Substitusi fungsi pemisalan ke bentuk integral awal
  • Setelah diintegralkan, kembalikan fungsi pemisalan ke bentuk awalnya.
Secara matematis, metode substitusi dapat dinyatakan sebagai berikut

Nah, untuk lebih memahami tentang penggunaan metode substitusi di aljabar dan trigonometri untuk mengintegrasikan fungsi, berikut ini diberikan dengan pertanyaan dan diskusi. Saya harap ini berguna.

Baca Juga  Penggunaan Aturan Sinus dan Cosinus

Contoh Soal Dan Pembahasan

About the author: Aan Channel

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *