Saat pandemi Corona Virus Disease 2019 atau lebih disebut dengan Covid-19. Banyak instansi atau lembaga sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 yang tidak juga mereda.
Sekolah banyak yang menerapkan kebijakan melakukan kegiatan belajar jarak jauh, baik menggunakan media sosial seperti WA atau bahkan Facebook group, serta memanfaatkan layanan umum yang disediakan Google, seperti Google Classrom, Google Doc, dan lain sebagainya. Bagi sekolah yang maju dan siswa yang memiliki pemahaman IT baik, mungkin ada yang menggunakan web hosting dengan LMS milik sekolah.
Untuk itu perlu diberikan pelatihan internal untuk memberikan pengalaman tambahan kepada guru terkait Kelas maya yang dalam hal ini menggunakan Google classro.
Berikut ini adalah contoh laporan pasca pelaksanaan IHT
LAPORAN IHT
PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM
“GOOGLE SUITE FOR EDUCATION” BELAJAR.ID
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
SMP NEGERI 1 ……………………..
Jl. ……… ………… ……………….
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Merebaknya kasus Covid-19 secara global serta penyebarannya mulai mengkawatirkan di Indonesia. Sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan sekolah maupun di masyarakat, maka Pemda Lampung Timur menetapkan kebijakan meliburkan sekolah. Kebijakan ini mengakibatkan proses kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas tetapi dialihkan ke rumah. Kondisi ini memaksa guru harus menyiapkan pembelajaran secara online. Maka seiring dengan kebijakan pembelajaran online, dalam seketika guru “dipaksa” mengubah model pembelajaran yang biasa tatap muka dialihkan dengan daring. Yang paling sederhana guru manfaatkan whatsapp group dengan orang tua murid. Tetapi menggunakan whatsapp tentu jadi tugas tersendiri bagi guru karena harus mengorganisasi secara manual tugas-tugas siswa yang terkirim di group WA tersebut dan ini tentu membuat pekerjaan lebih sulit.
Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran online salah satunya adalah membuat kelas maya dengan google classroom. Google classroom adalah salah satu produk dari google. Google Classroom merupakan layanan online gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.
Dengan menggunakan google classroom guru bisa membuat kelas maya, mengajak siswa gabung dalam kelas, memberikan informasi terkait proses KBM, memberikan materi ajar yang bisa dipelajari siswa baik berupa file paparan maupun video pembelajaran, memberikan tugas kepada siswa, membuat jadwal pengumpulan tugas dan lain-lain.
Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah juga dituntut peran yang besar dalam proses sosialisasi dan pembekalan kepada seluruh guru di satuan pendidikannya masing-masing dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui kegiatan in-House Training (IHT) dengan tema yang sama.
B. Dasar Hukum
1. Surat Edaran Bupati Lampung Timur Nomor 360/348/31-SK/III/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19) pada Satuan Pendidikan
2. Surat Edaran Bupati Lampung Timur Nomor B.440/03-SK/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Penilaian Akhir pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Lampung Timur
3. Keputusan Bersama Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/20201 di Masa Pandemi Coronavirus Disease2019 (COVID-19).
C. Tujuan
1. Menumbuhkan minat dan kesadaran untuk memberikan pembelajaran dalam jaringan yang efektif.
2. Meningkatkan penguasaan guru terhadap fasilitas dalam Google Classroom.
3. Meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring.
4. Meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kelas secara efektif dan menarik.
5. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan GTK agar dapat mengoptimalkan penggunaan Google Suite for Education.
D. Hasil yang Diharapkan
1. Minat dan kesadaran untuk memberikan pembelajaran dalam jaringan yang efektif pada guru tumbuh.
2. Penguasaan guru terhadap fasilitas dalam Google Classroom meningkat.
3. Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring meningkat.
4. Keterampilan guru dalam mengelola kelas secara efektif dan menarik meningkat.
5. pemahaman dan keterampilan GTK agar dapat mengoptimalkan penggunaan Google Suite for Education meningkat.
BAB II
STRATEGI PELAKSANAAN
A. Pengorganisasian
Susunan kepanitiaan pelaksanaan IHT sabagai berikut:
1. Penanggung jawab : Nama Kepala Sekolah
2. Ketua Pelaksana : Nama Wakil Kepala/yang ditunjuk
3. Sekretaris : Nama
4. Bendahara : Nama
5. Dokumentasi : Nama
6. Konsumsi : Nama
7. Notulen : Nama
B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan IHT Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classrom dilaksanakan pada :
Hari : Senin s.d. Rabu, 11 – 13 Januari 2021
Tempat : SMP Negeri 1 …………..
C. Peserta
Peserta IHT Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classrom sebanyak 28 orang guru seluruh mata pelajaran di SMP Negeri 1 ……….
D. Struktur Program Acara
No. |
Program Acara |
Waktu |
Pengisi Acara |
Senin, 11 Januari 2021 |
|||
1. |
Pembukaan dan Pengarahan |
08.30 – 09.00 |
Kepala Sekolah |
2. |
Mengenal akun Googel Suite for Education |
09.00 – 10.00 |
Aan Sulistiawan |
3. |
Coffe break |
10.00 – 10.30 |
|
4. |
Menyimpan, membagikan, mendownload, upload, serta mengelola data di Google Drive |
10.30 – 12.00 |
Aan Sulsitiawan |
Selasa, 12 Januari 2021 |
|||
1. |
Membuat survei dan kuis di Google Forms |
08.30 – 10.30 |
Aan Sulistiawan |
2. |
Coffe Break |
10.30 – 11.00 |
|
3. |
Mengelola hasil survei dan kuis di Google Sheet |
11.00 – 12.00 |
Aan Sulistiawan |
Rabu, 13 Januari 2021 |
|||
1. |
Membuat Google Classroom (Materi, Penugasan, Penilaian) |
08.30 – 10.30 |
Aan Sulistiawan |
2. |
Coffe Break |
10.30 – 11.00 |
|
3. |
Mengoreksi tugas dan melakukan penilaian di Google Classroom |
11.00 – 11.45 |
Aan Sulistiawan |
4. |
Penutup |
11.45 – 12.00 |
Kepala Sekolah/Waka |
E. Pembiayaan
Seluruh pembiayaan yang diperlukan untuk kegiatan IHT dibiayai oleh APBS SMP Negeri 1 ……………… Tahun Anggaran 2020/2021, dengan rincian sebagai berikut;
1. Pembuatan proposal dan pelaporan Rp.50.000,00
2. Snack 30 orang @Rp2.500,00 x 3 hari Rp.225.000,00
3. Lain-lain Rp.25.000,00
Total biaya Rp.300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah)
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
In House Training Pembelajaran Daring dengan Google Classroom memanfaatkan Akun Google Suite for Educationdari belajar.id Tahun 2020 hari pertama dilaksanakan pada Senin, 11 Januari 2021 di kampus SMP Negeri 1 ……………….. Sambutan oleh Kepala SMP Negeri 1 ………………, (nama kepsek)., yang menjelaskan latar belakang diadakannya IHT, maksud dan tujuan IHT, serta output yang diharapkan dari IHT. Sekaligus membuka secara resmi kegiatan IHT Pembelajaran Daring dengan Google Classrom dan dilanjutkan dengan menyampaikan materi pertama.
Hari ke-1, (Senin, 11 Januari 2021)
Materi : Pengenalan Google Suite for Education (GSE)
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat mengetahui GSE serta dapat mengaktifkan akun yang telah diberikan
kemdikbud.
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
Materi : Menyimpan, membagikan, mendownload, upload, serta mengelola data di
Google Drive
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat melakukan penyimpanan data, membagikan, mendownload, upload
serta mengelola data di Google Drive untuk akun GSE
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
Hari ke-2, (Senin, 12 Januari 2021)
Materi : Membuat survei dan kuis di Google Forms
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat membuat survei dan kuis di Google Form dengan menarik dan
membagikan kepada peserta didik
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
Materi : Mengelola hasil survei dan kuis di Google Sheet
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat mengelola hasil survei dan kuis dengan menggunakan Google Sheet
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
Hari ke-3, (Senin, 13 Januari 2021)
Materi : Membuat Google Classroom (Materi, Penugasan, Penilaian)
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat membuat Google Classroom, mengorganisir materi, penugasan dan
penilaian di dalam kelas
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
Materi : Mengoreksi tugas dan melakukan penilaian di Google Classroom
Fasilitator : Aan Sulistiawan
Methode : Presentasi dan diskusi
Durasi : 0.5 jam (09.00 – 09.30) WIB
Tujuan : Peserta dapat mengoreksi tugas dan memberikan penilaian peserta didik dengan
Google Classroom
Alat : Laptop, Infokus dan Layar infokus
BAB IV
PENUTUP
Demikian laporan pelaksanaan In House Training Pembelajaran Daring dengan Google Classroom ini semoga kegiatan ini menjadi masukan yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan, khususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 ………………….. Laporan ini disajikan dengan harapan semoga bermanfaat, menjadi dokumentasi, dan bahan yang berguna dalam menetapkan kebijakan lebih lanjut untuk melaksanakan kegiatan yang serupa berikutnya.
Ketua Pelakasana
NAMA NIP. xxxxxxxxxxxxxx |
|
Kecamatan, 20 Januari 2021 Sekretaris
NAMA NIP. xxxxxxxxxxxxxxxx |
|
Menyetujui, Kepala SMPN1 …………………
NAMA NIP. xxxxxxxxxxxxxxxxxx |
|